Jumat, 01 Juni 2012

Tips Menghapus Virus Shortcut Folder

Kebetulan tadi habis ngeprin di deket kampus nyarang virus yang tipenya folderjadi bisa buat bahan blog deh. Mungkin virus ini sulit untuk dikenali kalau komputer atau laptop gak membuat ikon kusus di sortcut, tapi standarnya yang dibikin mikrosoft ada tangan yang megangin file. kalau merasa gak ngebuat sortcut tapi di flash disk ada banyak terus nggak keliatan folder asli tenang aja, bisa dibilang virus ini gak ganas amat kalau belum dieksekusi(di klik). Kalau nemu langsung aja bersihin filenya. trus masalah folder yang kehidden gak bisa di unhiden make cara biasa dan caranya saya kasih tahu.
Kalau buat yang mau gampang mungkin jawabannya ada pada antivirus lokal terbaik smadav. tinggal di scan folder yang ke hidden bisa muncul kembali.
Dari gambar keliatan kan ada 2 atribut(atribut folder gak usah dipikirin malah itu tanda folder asli bukan jadi2an) yang terpasang di folder yaitu hidden ama system. Atribut sistem ini yang ngelock hidden di properti berkas. selesai di unhidden pasti keliatan lagi foldernya di explorer.
Cara kedua mungkin tingkatanya sedikit expert tapi beginner juga bisa ngelakuinnya asal ngikutin langkah2nya bener.
1. Buka CMD [Command Prompt] Caranya: tekan tombol Windows+R atau Klik "Start",pilih "Run", lalu ketik "cmd" dan Ok.
2. [Cari tahu dulu dimana letak drive Flashdisk Anda, misal di disk "E:"], maka pada tampilan box cmd tulislah kode : E:/>attrib -s -h /s /d
3. enter
4.ceklah Flashdisk anda
keliatan kan ada file shortcut dan folder.
NB : tips ini hanya berlaku di kompi yg bersih atau shortcutnya belum di buka. kalo udah dibuka sebaiknya scan pake antivirus kepercayaan anda.

0 komentar:

Posting Komentar